Kuliner Nusantara

Resep Risoles Khas Jakarta

0
Risoles dulunya disebut roinsolles, mulai dikenal pada abad ke-13. Pada waktu itu, makanan ini hanya sekadar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak sapilemak babi. Pada perkembangan berikutnya, makanan ini barulah diisi dengan daging cincang.
Dalam istilah kuliner Perancis, verba rissoler berarti menjadikan coklat. Sebuah rissole selalu dibungkus oleh pastri gelembung atau sejenisnya, biasanya digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang di oven. Rasa rissole dapat asin atau manis. Rasa manis didapat dengan menaburinya dengan gula halus dan melengkapinya dengan saus buah. Di Indonesia risoles menjadi makanan cemilan atau jajanan khas dari daerah Jakarta, Indonesia.  Isi dalam risoles bisa berupa potongan daging sapi cincang, daging ayam, daging ikan atupun udang, serta sayur-sayuran seperti kentang, wortel maupun jamur kancing. Untuk kulit dadar pada risoles dapat dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, kuning telur serta air susu. Ada 2 jenis risoles yang sangat dikenal di Indonesia, yang pertama risoles dengan isian sayuran lalu dicampur dengan daging cincang, dan yang kedua risoles dengan isian ragout atau potongan-potongan wortel, kentang dan sayuran lainnya.





RESEP RISOLES

Bahan isian Risoles :
  √  2 buah wortel dipotong dadu kecil.
  √  2 buah kentang dipotong dadu kecil.
  √  300 gram suwiran daging ayam goreng.
  √  2 butir telur.
  √  4 siung bawang merah (cacah halus).
  √  4 siung bawang putih (cacah halus).
  √  1 cangkir susu cair.
  √  1 cangkir air matang.
  √  ½ cangkir terigu (larutkan dalam air secukupnya).
  √  Garam secukupnya.
  √  Gula pasir secukupnya.
  √  ½ sdt merica bubuk.
  √  3 sdm margarine.

Bahan kulit Risoles :
  √  500 gram tepung terigu.
  √  5 butir telur ayam.
  √  1 liter air susu.
  √  1 sdm garam.
  √  8 sdm minyak goreng.
  √  1 sdm minyak goreng sebagai olesan ketika membuat kulit dadar.

Bahan pelengkap Risoles :
  √  300 gram tepung panir.
  √  1 butir telur.

Cara Membuat Isian Risoles :
Siapkan wajan dan panaskan margarine. 
Kemudian tumis bawang bawang merah dan bawang putih sampai harum dam tambahkan larutan tepung terigu aduk rata.
Masukkan 1 cangkir air masak dan tambahkan juga wortel, kentang, suwiran daging ayam dan telur lalu aduk merata. Masaklah hingga wortel dan kentang matang.
Tambahkan garam, gula pasir serta merica kemudian tuangkan pula secara sedikit demi sedikit 1 cangkir susu cair lalu aduk secara perlahan dan masak kembali sampai semua bahan benar-benar matang.

Cara membuat kulit Risoles :
5 butir telur ayam beserta garam di aduk dengan mixer. 
Tuang susu cair secara perlahan sambil adonan diaduk secara merata. Tambahkan 500 gram tepung terigu sambil diaduk menggunakan tangan sampai adonan licin lalu masukkan pula 8 sendok minyak goreng kemudian aduk kembali sampai merata.
Siapkan wajan lalu olesi dengan minyak goreng. Setelah itu bentuk lembaran-lembaran kulit dadar tipis dari adonan tadi diatas wajan.

Cara membuat Risol : 
Siapkan 1 lembar kulit dadar kemudian isi dengan isian risoles tadi kemudian gulung risoles, selanjutnya rekatkan kulit dadar dengan putih telur. 
Ulangi cara tersebut sampai semua kulit dadar dan isian risol habis.
Kocok 1 butir telur ayam lalu celupkan risol kedalam kocokan telur lalu taburi dengan tepung panir yang telah disiapkan sebelumnya. didiamkan
Setelah Risol didiamkan selama 30 menit, gorenglah semua risoles hingga risol berwarna keemasan lalu angkat dan tiriskan.


Lihat Resep Kuliner Khas Betawi Lainnya :

0 komentar: