Kuliner Nusantara

Resep Lapis Legit

0
Spekkoek (Belanda) atau lebih populer di Indonesia disebut Kue Lapis Legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya, spekkoek/ lapis legit berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.
Kue Lapis Legit umumnya berukuran 20 cm x 20 cm dan berisi hingga tiga puluh kuning telur, 500 g mentega, dan 400 g gula pasir.
Di Indonesia, spekkoek (Kue Lapis Legit) di hidangkan pada saat tahun baru Cina, Idul Fitri atau Natal dan juga disajikan atau diberikan sebagai hadiah di banyak acara khusus, kadang-kadang di pesta ulang tahun dan pernikahan. Di Belanda, irisan kue secara tradisional disajikan sebagai hidangan penutup (rijsttafel). Mengolah Kue Lapis Legit membutuhkan banyak kesabaran. Setiap lapisan tipis dibuat dengan menuangkan sejumlah kecil adonan dari cangkir kecil, dipanggang satu lapisan demi satu dalam oven sampai berwarna keemasan dengan panas dari atas.
Di Indonesia, variasi Kue Lapis Legit sangat banyak, termasuk penambahan keju, almond, plum, kismis, kacang mete dan bahkan dalam rasa yang berbeda (seperti coklat dan pandan).


Kue Lapis Legit

Bahan :
  √  Kuning Telur 30 Butir
  √  Mentega Wysman 300 gram
  √  Creamery Butter/ Mentega Segitiga 200 gram
  √  Gula Halus 300 gram
  √  Tepung Terigu 60 gram
  √ Susu Bubuk 20 gram
  √  Vanili secukupnya
  √  Susu kental manis 4 Sdm

Cara Membuat :
Siapkan 30 kuning telur, untuk mempercepat kerja pecahkan semua 30 butir telur dalam wadah yg bersih dan kering, baru di ambil dengan tangan atau sendok satu persatu , hal ini lebih cepat ketimbang harus memisahkan putih telur dgn kuningnya satu persatu.
Sebelumnya kocok mentega wysman dan mentega segitiga sampai kembang lalu tambahkan susu kental manis kocok dan sisihkan. - kemudian kocok 30 butir kuning telur dengan gula halus sampai kembang dan kental (ingat jangan mengocok telur dgn menggunakan wadah yang terkena minyak/ mentega telur tdk akan kembang dgn baik).kemudian tambahkan vanili bubuk. kocok sampai kental.
Campurkan adonan telur ke dalam adonan mentega aduk rata perlahan , lalu tambahkan terigu yg sdh dicampur susu bubuk full cream. aduk rata perlahan dan adonan siap dibakar selalpis selapis.
Gunakan cetakkan 18 x 18 x 7 atau 20 x 20 x 7 , alasi dengan kertas roti dan di olesi dengan mentega dan taburi terigu tipis aja. panaskan oven dan mulailah melapis pertama ambil 4 sdk makan adonan ratakan pada cetakan dan bakar pertama dgn menggunakan api bawah, lapis selanjutnya gunakan api atas. lakukan sampai semua adonan hbs.

Note : kalau adonan telur dikocok kembang sempurna cetakan akan penuh sampai bibir atas cetakan.

Sajikan.

0 komentar: