Kuliner Nusantara

Resep Nasi Pecel Pincuk Khas Madiun

0
Pecel ialah suatu makanan yang menggunakan bumbu kacang sebagai komposisi utamanya dan disatukan dengan aneka jenis-jenis lainnya. Belum diketahui secara pasti dari mana kata "pecel" dan pecel itu berasal. Dalam Bahasa Jawa pecel dapat diartikan dengan "tumbuk" atau "dihancurkan dengan ditumbuk". Beberapa daerah mengklaim mempunyai ke-khasan sendiri pada pecel di tiap- tiap kota. Namun menurut sejarah, pecel sangat familiar di daerah karesidenan Madiun, Jawa Timur.
Diperkirakan Pecel berasal dari kota Ponorogo, hal itu dikarenakan adanya kuliner Sate Ayam Ponorogo dan pentol goreng (biasa disebut pentol korea, singkatan dari kota reog asli) yang menggunakan bumbu kacang sebagai komposisi utama, yang juga merupakan komposisi bumbu utama pada sajian kuliner Pecel. Makanan ini juga mirip dengan Gado-Gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Pecel juga memiliki berbagai macam tekstur, namun biasanya tekstur pecel adalah kasar dengan kacang yang tidak hancur merata.
Olahan-olahan dari pecel sendiri adalah macam-macam. Namun pecel dapat digunakan sebagai campuran rujak, campuran ketupat, dan sebagainya. Penggunaan pecel itu sendiri beragam, mulai dari nasi pecel hingga lontong pecel. Pecel bukan hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan yang sederhana, namun pecel juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan wajib untuk menambah protein. Bahkan, salah satu kota di Jawa Timur menyatakan bahwa pecel dijadikan sebagai makanan yang paling populer di semua kalangan.
Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang di hidangkan dengan alas yang berbeda seperti di atas piring lidi yang disebut ingke, pincuk daun pisang, di atas tampah bambu, sesuai dengan ciri khas kota asal pecel, biasanya berbeda karena tiap daerah memiliki ciri tersendiri. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjangtaoge,mentimun, daun singkong, daun kemangi dan masih banyak variasi lain sesuai selera. Bumbu kacang yang disiramkan di atas pecel disebut "bumbu pecel" yang terdiri dari kencur, gula merah, garamcabai, daun jeruk, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk atau diulek. Ada juga yang menambahkan daun jeruk purutbawang putih, dan asam jawa dalam campuran air hangat untuk mencairkan bumbu kacang. Umumnya, di setiap kabupaten di Jawa Timur terdapat makanan pecel.
Ada juga yang menambahkan daun jeruk purut, bawang putih, dan asam jawa dalam campuran air untuk mencairkan bumbu kacang. Umumnya, di setiap kabupaten di Jawa Timur terdapat makanan pecel. Pecel asli menggunakan cita rasa yang pedas menyengat sesuai ciri masakan Jawa Timuran.


NASI PECEL

Sayuran :
  √  75 gr Taoge, rebus
  √  100 gr Kol, iris tipis, rebus
  √  50 ge Kenikir, rebus,
  √  50 gr Bayam, rebus
  √  5 bh bunga turi, rebus
  √  50 gr Taoge Pendek, rebus
  √  50 gr Petai Cina, rebus
  √  1 buah mentimun, cincang
  √  1 ikat daun kemangi, ambil daunnya

Pelengkap :
Rempeyek kacang tanah
Kerupuk gendar

SAMBAL BUMBU PECEL KHAS MADIUN

Bahan :
  √  250 gr Kacang Tanah
  √  10 bh Cabai Rawit
  √  3 bh Cabai Merah
  √  3 siung Bawang Putih goreng
  √  2 buah Daun Jeruk
  √  1 cm Kencur
  √  2 sdm Gula Merah
  √  1.5 sdm Garam
  √  Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan minyak lalu goreng kacang tanah sampai matang dan hati-hati jangan sampai gosong karena kalau gosong nanti sambal akan terasa pahit.
Lembutkan semua bahan-bahan diatas dengan memakai ulekan atau blender dengan kelembutan sesuai selera.
Hidangkan dengan mengencerkan terlebih dahulu memakai air panas supaya tidak terlalu pedas, tambahkan juga kecap manis.

Meracik Nasi Pecel :
Tata nasi, Susun sayurannya.
Sirami sayuran dengan sambal kacang.
Sajikan panas disertai pelengkap.

0 komentar: