Kuliner Nusantara

Resep Panggang (Babi) Khas Karo

0
Babi Panggang Karo atau yang lebih populer dikenal dengan istilah BPK (Babi Panggang Karo) adalah makanan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang atau dibakar. Makanan ini adalah masakan khas Suku Karo, sehingga banyak ditemukan diberbagai kota yang banyak ditinggali oleh orang Karo, seperti di Berastagi, Kabanjahe, Medan, dan bahkan di Pekanbaru, Jakarta, dan Bandung.
Padang Bulan adalah kelurahan di kecamatan Medan Baru, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Dengan mayoritas penduduk beretnis Karo, tidaklah mengherankan rumah makan dengan menu BPK (Babi Panggang Karo) sangat mudah ditemui di tempat ini.
Penjual daging babi segar dengan mudah ditemukan di Pasar Simpang Kwala yang juga berada di kawasan ini.
Perbedaan antara Babi Panggang Karo dengan babi panggang lainnya adalah terdapat pada cara pemangangan yang dilakukan lebih unik dengan irisan lebih halus serta pemilihan bagian daging yang tepat. Saat dihidangkan Babi Panggang Karo juga akan ditambahkan dengan sajian daun singkong dan kincong yang telah dihaluskan dan dimasak secara khas.
Selain itu disajikan pula saus yang terbuat dari darah babi, dimana keberadaan saus darah terlebih dahulu telah dimasak diatas bara api dengan ditambahkan sedikit air dan dibumbui dengan ramuan seperti asam dan lain-lain. Setelah matang warna saus darah akan berwarna kecokelatan.


Panggang Babi

Bahan dan bumbu :
  √  1 kg daging babi segar jangan terlalu tua ( bagian samsam/ daging leher)
  √  100 gr cabe rawit
  √  4 buah jeruk nipis 
  √  10 siung bawang merah
  √  5 siung bawang putih
  √  25 gram andaliman
  √  150 cc Gota ( darah ) segar
  √  Arang Untuk memanggang 

Cara Memasak
Bersihkn daging, haluskan 3 siung bawang putih dengan garam secukupnya tambahkan 2 buah perasan jeruk nipis, lumerkan pada daging dan diamkan paling sedikit 15 menit lalu panggang.
Haluskan cabe rawit,bawang merah, sisa bawang putih, dan andaliman, setelah halus campurkan dengan Gota segar dan 2 buah perasan jeruk nipis lagi ( bila gota masih terlihat merah,bisa tambahkan jeruk nipis sampai warna menjadi coklat) dan garam secukupnya sisihkan sebagai cocolan.
Iris- iris daging yang sudah di panggang sesuai ukuran selera dengan cocolan Gota tadi  secara terpisah dan siap di santap.


0 komentar: